Senin, 18 Januari 2010

PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ELEKTRONIK BERVISI SETS




PERNAHKAH KALIAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ELEKTRONIK BERVISI SETS??
KALAU BELUM PERNAH, SEKARANG MARI KITA TINJAU DULU APA ITU MEDIA ELEKTRONIK!


Media elektronik merupakan suatu media pembelajaran dengan menerapkan media elektronik yang dapat berupa penggunaan komputer untuk menampilkan animasi, simulasi, permainan maupun pemanfaatan jaringan internet yang ada untuk mendukung proses pembelajaran.
Program yang digunakan dapat berupa Microsoft Powerpoint 2007, macromedia Flash 8, Virtual Experiment dan blog edukasi kimia yang memerlukan fasilitas internet untuk menjalankannya.



Bervisi SETS
Visi SETS merupakan cara pandang ke depan yang membawa ke arah pemahaman bahwa segala sesuatu yang kita hadapi dalam kehidupan ini mengandung aspek sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat sebagai satu kesatuan serta saling mempengaruhi secara timbal balik (Binadja, 2005).
Pembelajaran Bervisi SETS (Science, Environment, Technology and Society) adalah pembelajaran dimana siswa tidak hanya mengkaji suatu materi dari sisi ilmu pengetahuan saja tetapi juga pengaruhnya bagi lingkungan, penerapannya dalam bidang teknologi, dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial manusia. Siswa juga harus dapat menghubungkaitkan antara konsep sains yang dipelajari dengan benda-benda berkenaan dengan konsep tersebut pada unsur lain dalam SETS, sehingga memungkinkan siswa memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang keterkaitan konsep tersebut dengan unsur lain dalam SETS, baik dalam bentuk kelebihan ataupun kekurangannya.


Pada materi pokok Kelarutan dan hasil kali kelarutan sangat tepat disajikan dengan pembelajaran berbasis elektronik bervisi SETS karena diharapkan pembelajaran kimia akan lebih menyenangkan dan memberi kesempatan kepada siswa untuk tidak hanya mengkaji suatu materi dari sisi ilmu pengetahuan saja tetapi juga pengaruhnya bagi lingkungan, penerapannya dalam bidang teknologi dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial manusia. Materi kelarutan dan hasil kali kelarutan sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari karena tanpa sadar siswa sering menjumpainya, sehingga diharapkan siswa dapat memahami konsep yang disampaikan dengan mengambil informasi yang terkait dari internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar